Islam Luar Biasa : Selamat Datang Di Blog Kami


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Minggu, 20 Januari 2013

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Kekayaan Budaya Arab dan Komponennya

Budaya Arab adalah salah satu budaya paling kuno yang hingga saat ini masih ada di dunia. Negara-negara Arab yang terletak di Afrika Utara sampai Asia Barat adalah tempat di mana budaya ini dipraktekkan. Seni, makanan, sastra, bahasa, arsitektur, spiritualitas, dan filsafat dari dunia Arab menunjukkan kekayaan budaya Arab. Budaya tua ini adalah versi reformasi dari kelompok manusia paling beradab yang berasal dari Irak, tanah di mana kegiatan pertanian pertama kali dikenalkan.
Bahasa:
Bahasa Arab adalah bahasa keenam yang digunakan di negara-negara Arab dan meskipun bahasa yang sama digunakan di seluruh wilayahnya, dialek bahasa ini berbeda-beda di masing-masing negara. Karena semua dokumen Islam dan kitab suci Quran ditulis dalam bahasa ini, bahasa Arab ini juga digunakan secara luas di seluruh dunia Muslim. Bahasa ini adalah bagian dari warisan budaya di negara-negara Arab dan juga dunia Muslim.
Sastra arab:
Sastra arab adalah gaya tulisan ekspresi orang Arab yang sopan dan lembut. Kecenderungan sastra Arab saat ini pada dasarnya muncul pada abad ke-enam dan sebelum itu, tidak banyak sastra tulis yang bisa ditemukan di tanah Arab. Kitab suci Quran dari abad ke-tujuh memiliki efek terbesar terhadap seluruh sastra Arab dan juga budaya Arab. Salah satu bagian sastra yang paling terkenal adalah “Kisah 1001 Malam” yang kemudian menyatakan ketenaran Arab. Ada banyak penyair dan novelis Arab yang sangat terkenal dalam dunia sastra karena kekuatan tulisan dan imajinasi yang kreatif.
Bagian sastra Arab lain yang juga terkenal adalah Mu’allaqat (المعلقات) yang pada dasarnya adalah nama dari sebuah seri qasida (puisi dalam bahasa Arab) yang ditulis sebelum masa Islam. Kata Mu’allaqat pada dasarnya mengacu pada ‘menggantung puisi’ dan nama ini diambil karena puisi-puisi ini digantung di dinding kakbah di Makkah, tempat yang sangat dihormati oleh orang Islam dan banyak agama lain di dunia Arab.
Saat ini, bentuk budaya di dunia Arab sangat dipengaruhi oleh Islam, dan pada dasarnya budaya Arab mencerminkan budaya dari seluruh Muslim di dunia. Gaya hidup yang dijelaskan dalam kitab suci Quran dan hukum-hukum lain yang ditetapkan Islam mengatur pembentukan budaya dan gaya hidup orang Arab di seluruh negara Arab. Karenanya, alkohol dan hiburan yang memanfaatkan perempuan sangat dilarang dalam Islam, praktek-praktek ini tidak diijinkan di budaya Arab masa kontemporer. Meskipun waita Arab diperbolehkan untuk belajar dan mendidik diri mereka sendiri, di beberapa negara Arab di mana Islam dipatuhi secara ketat, wanita tidak bebas bergerak tanpa ditemani oleh laki-laki.
Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa negara Arab khususnya Qatar dan Uni Emirat Arab menjadi titik komunikasi antara Barat, Timur, dan negara-negara Arab, budaya telah mengambil arah yang beragam. Bagaimana pun, Islam tetaplah inti dari semua budaya Arab, semakin menambah sikap sopan namun tegas kepada gaya hidup Arab.

Sumber : http://rohis-smk4.blogspot.com/2012/10/kekayaan-budaya-arab-dan-komponennya.html

0 komentar:

Posting Komentar